Senin, 09 Juni 2014

Perilaku Organisasi ( CONSUMER BEHAVIOUR)



Jum’at, 6 Juni 2014

CONSUMER BEHAVIOUR  (PERILAKU KONSUMEN)
David L. Loudon and Albert J. Della Bitta (1984: 6)
Sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam proses mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang dan jasa.
Gerald Zaltman, Melanie wallendorf
Tindakan-tindakan, proses, dn hubungan sosial yang diakukan indvidu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk dan lainnya sebagai suatu akibat dari engalamannnya dengan produk, layanan.
Kesimpulantindakan2 yg dilakukan olh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dnegan proses pengambilan keputusan alam mendapatkan, menggunakan, barang- barang dengan nilai ekonomi.
Kebutuhan konsumen
Kebutuhan dan perilaku:
Hierarki kebutuhan berdasarkan teori Abraham Maslow
1.     Kebutuhan fisiologis
2.    Kebutuhan rasa aman
3.    Kebutuhan untuk merasa memiliki
4.    Kebutuhan akan harga diri
5.    Kebutuhan untuk mengaktualisasi diri
Kebutuhan David McClelland
Tiga macam kebutuhan manusia:
1.     Need for achievement
2.    Need for affiliation
3.    Need of power
Pengertian motif dan motivasi menurut Abraham Sperling:
Motif disdefinisikan sebagai kecenderungan untuk beraktivitas, dimulai dari dorongan dalam diri (drive) dan diakhiri dengan penyesuaian diri.

Willian J. Stanton
Suatu motif adalah kebutuhan yang distimulasi yang dicari oleh individu yang berorientasi pada rujukan untuk mencapai rasa puas.
Teori- teori motivasi
1.     Teori insting
2.    Teori drive
Motivasi seseorang sangat dtentukan oleh kebutuhan dalam dirinya (drive) dan faktor kebiasaan (habit) pengalaman belajar sebelumya.
3.    Teori lapangan
Perilaku merupakan suatu fungsi dari lapangan pada momen waktu.
Perilaku itu merupakan fungsi dari seseorang dengan lingungannya.
4.    Teori prestasi dan motif- motif sosial
5.    Bahwa perilaku tidaklah hanya merupakan proses kognitif saja, tetapi juga mrupakan fungsi dari lingkungan sosial.
Faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
1.     Kekuatan sosial budaya
2.    Kekuatan faktor psikologis
3.    Faktor sikap dan keyakinan
4.    Konsep diri (diri fisik, diri sosial, diri moral).
Total fitur dan karakteristik suatu produk atau jasa yang dapat mempengaruhi kemampuan produk untuk memuaskan keingnan pelanggan sesuai kebutuhan.
Total Quality Management (TQM)
Kegiatan yang menyeluruh dalam suatu organisasi dan seacar terus-menerus selalu memperbaiki kualitas dari semua aktivitas yang ada dalam organisasi .
-          Proses produksi
-          Kemampuan produk
-          Layanan konsumen
-          Sistem dan manajemen
-          Teknologi dan informasi
-          Responsive keluhan pelanggan
-          Jaringan komunikasi

A.   Berfokus pada pemuasan pelanggan
B.    Melakukan perbaikan berkesinambungan
C.    Melibatkan seluruh potensi organisasi/ sumberdaya
Pengukuran kepuasan pelanggan
1.     Sistem keluhan dan saran : berorientasi pelanggan, menampung saran dan keluhan pelanggan, komunikasi dua arah secara tepat.
2.    Survey kepuasan pelanggan : survey kepuasan konsumen secara berkala, meneliti kepuasan secaralangsung, merespon keinginan pelanggan.
3.    Belanja konsumen misterius: mengkaji kelemahan produk pesaing, menguji kelebihan layanan pesaing, menggali informasi pesaing di lapangan.
4.    Analisis yang berhenti, menggali dan memantau alasan hilangnya pelanggan.

Tanggung jawab pemasar:
1.     Dalam bidang promosi
2.    Dalam bidang Distribusi
3.    Dalam bidang penetapan harga
4.    Dalam bidnag riset pemasaran
5.    Hubungan organisasional
Prinsip kebijakan public terhadap pemasaran
1.     Prinsip kebebasan konsumen dan produsen
2.    Prinsip mengendalkan bahaya potensial
3.    Prinsip memenuhi kebutuhan dasar
4.    Prinsip efisiensi ekonomis
5.    Prinsip inovasi
6.    Prinsip pendidikan dan informasi konsumen
7.    Prinsip perlindungan konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar