Minggu, 16 Februari 2014

Resume Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan - Pengertian dan Konsep Pemasaran (Pertemuan ke-2)

Resume Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Disampaikan oleh dosen MPJ, Bapak Amril Muhammad, S.E, M.Pd.
Mengenai Konsep Dasar Pemasaran, resume perkuliahan pertemuan ke-2, pada hari selasa, tanggal 11 Februari 2014, sebagai berikut:

Permulaan membahas mengenai faktor - faktor yang dapat membuat bisnis sukses, yaitu:
  •  Fokus terhadap konsumen dan memiliki target atau sasaran konsumen dalam memasarkan produk-nya.
  • Memiliki komitmen yang kuat dalam pemasaran.
  • Memberikan pemahaman atas dedikasi dan kepuasan konsumen.
  • memotivasi setiap pelaku organisasi.

Selanjutnya, apa yang dimaksud oleh Pemasaran?

Pemasaran adalah proses manajerial, baik individu maupun kelompok dalam memenuhi apa yang dibutuhkan (needs) dan apa yang diinginkan (wants) melalui membuat atau menukarkan produk dan nilai.

Needs (Kebutuhan) : Hal yang harus dipenuhi; sifatnya terbatas.
Wants (Keinginan)  : Hal yang merupakan pilihan, dipengaruhi oleh budaya dan pribadi individu; sifatnya tidak terbatas.


Produk (Product)

Produk adalah segala sesuatu yang dapatditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh, digunakan, atau di konsumsi yang dapat memuaskan atau memenuhi keinginan atau kebutuhan.
Produk mencakup objek fisik, pelayanan, orang, tempat, organisasi dan gagasan (ide).

Produk terbagi 2, yaitu:
1. Goods (Tangibles) : Barang (berwujud); dapat disentuh, dipegang secara fisik.
2. Service (Intangibles) : Pelayanan (tidak berwujud): berupa keterampilan yang ditawarkan kepada konsumen dan memiliki nilai.

Konsep Pemasaran
  • Value (Nilai)
  • Satisfaction (kepuasan)
  • Quality (Kualitas)
  • Exchange (Pertukaran)
  • Transaction (Transaksi; sampai pada tahan kesepakatan)
  • Relationship (Relasi)
Filosofi Manajemen Pemasaran

1. Konsep Produksi
   Pada dasarnya, konsumen ingin produk dengan harga murah. produsen yang menganut konsep ini, akan membuat produksi secara masal yang menekankan biaya sehingga harga pokok dapat ditekan dan harga jual menjadi lebih rendah.

2. Konsep Produk
    Pada konsep ini, produsen lebih menekankan pada kualitas atau mutu suatu produk. sehingga memungkinkan produk yang dipasarkan bersifat ekslusif dan dengan harga yag relative tinggi.

3. Konsep Penjualan
    Pada konsep penjualan, produsen menekankan pada teknik promosi produk, hal yang terpenting pada konsep penjualan ini adalah adanya kegiatan promosi secara maksimal.

4. Konsep Pemasaran
    Pada konsep pemasaran, produsen tidak hanya sekadar memproduksi dan melancarkan promosi, akan tetapi produsen memusatkan perhatian pada selera konsumen dengan memperhatikan needa dan wants dari konsumen. Sasaran utama konsep pemasran adalah kepuasan konsumen.

5. Societal Marketing concept
    Konsep pemasaran dengan sistem memberikan kemanfaatan terhadap sosial, CSR (Corporate Share Relationship).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar