Jumat, 21 Maret 2014

(Lanjutan) 7Ps Marketing Mix For Service Industries(Lanjutan 4P)



Resume perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Pada pertemuan ke- 7 membahas mengenai Lanjutan Marketing Mix (Pembauran Pemasaran), kali ini akan melanjutkan komponen pembauran pemasaran selanjutnya yaitu People, Physical environment, dan Proses yang telah disampaikan oleh dosen MPJP, Bapak Amril Muhammad, pada hari selasa, tanggal 18 Maret 2014, berikut materi yang disampaikan:

5.   PEOPLE (MANUSIA/SDM)
Mencakup karyawan, pengelolaan, budaya, pelayanan pelanggan.

SDM mewakili suatu bisnis:
-          Membangun citra yang ada pada SDM sangat penting.
-          Kontak pertama sering kepada manusia - apa gambar abadi yang mereka berikan kepada pelanggan?
-          Memperluas pelatihan dan pengetahuan tentang produk / jasa yang bersangkutan
misi pernyataan seberapa relevan?
-          Apakah staf memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan pelanggan

6.  PROCESS (PROSES)

Proses khususnya sangat relevan pada perusahaan jasa.
Bagaimana jasa dikonsumsi? Telah dibahas pada sebelumnya bahwa pada perusahaan jasa, produk di konsumsi pelanggan bersamaan dengan waktu produksinya, waktu produksi itulah yang dinamakan proses.
§  Bagaimana seseorang memberikan pelayanan?
§  Proses apa yang memungkinkan mereka terlibat, keterlibatan mereka dengan pelayanan?
Di mana mereka (pelanggan) menemukan ketersediaan layanan?
·         Contact (kontak)
·         Reminders (pengingat)
·         Registration (pendaftaran)
·         Subscription (berlangganan)
·         Form filling (pengisian form)
·         Degree of technology (tingkatan teknologi yg digunakan)


7.  PHYSICAL ENVIRONTMENT (LINGKUNGAN FISIK)

Suasana, suasana hati atau presentasi fisik lingkungan
Cerdas / buruk?
Trendy / retro / modern yang / kuno?
Terang / gelap / terang / tenang? (Warna terangkah? Atau Warna cerahkah?)
Romantic / chic / keras?
• Bersihkan / kotor / berantakan / rapi?
Musik?
Aroma?

PEMBAURAN PEMASARAN

Pembauran pemasaran sangat tergantung pada:

ü  Marketing objectives (objek marketing/ sasaran marketing.
ü  Type of product (tipe produknya)
ü   Target market (target pasar)
ü  Market structure (struktur pasar)
ü  Rivals behavior (tingkah laku lawan/pesaing)
ü  Global issues – culture/religion, etc.
ü  Marketing position (posisi marketing)
ü  Product portofolio
§  Product lifecycle (Produk daur ulang)
§  Boston matrix


Tidak ada komentar:

Posting Komentar