Minggu, 11 Mei 2014

Keputusan Harga

Resume perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, membahas mengenai Keputusan Harga (Pricing), yang telah disampaikan oleh dosen MPJP, Bapak Amril Muhammad, pada hari selasa, tanggal 6 Mei 2014, berikut materi yang disampaikan:

 
Keputusan Harga


Harga (Price)
Adalah sejumlah uang yang dikenakan terhadap suatu produk atau jasa, atas sehumlah nilai yang ditukarkan konsumen guna mendapatkan manfaat dalam memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa.

Pertimbangan dalam harga:

- Faktor Internal
   Tujuan pemasaran
   Strategi bauran pemasaran
   Biaya
   Pertimbangan organisasi

- Faktor Eksternal

  Pasar dan permintaan
  Persaingan
  Faktor lainnya (ekonomi, penjualan kembali, pemerintah)

>> Faktor-faktor tersebut merupakan pertimbangan untuk membuat keputusan harga.

Menentukan Kebijakan Penetapan Harga
1. Memilih tujuan penetapan harga
2. Menentukan permintaan
3. Memperkirakan biaya
4. Analisis biaya, harga dan tawaran pesaing
5. Memilih metode penetapan harga
6. Memilih harga final

Pendekekatan Penetapan Harga

>> Price too high; Little or no demand
      Price Ceiling
>>Price Floor; Price too floor
     No profit possible

- Permintaan di pasar sasaran
- Strategi bisnis dan pemasaran
- Diferensiasi produk
- Harga pesaing
- Harga barang substitusi
- Biaya produksi

Pendekatan Penetapan Harga 
- Cost-Based Pricing
- Break Even Analysis and Target Profit Pricing
- Value-Based Pricing
- Competition-Based Pricing

Cost-Based Pricing
- Menetapkan harga dengan menambah standar mark-up terhadap biaya produk.
 
Break Even Analysis And Target Profit Pricing
- Menetapkan harga untuk mencapai titik impas dalam membuat dan memasarkan suatu produk atau menetapkan harga dalam mencapai target profit.
- Break-even volume:
   Fixed Cost
  Price-Variable Cost

 Value-Based Pricing
- Menetapkan harga berdasarkan persepsi pembeli terhadap suatu nilai dibandingkan dengan biaya penjual

Perbedaan Cost-Based Pricing dengan Value-Based Pricing

CBP: Product -> Cost -> Price -> Value -> Customers
VBP: Customers -> Value -> Price -> Cost -> Product 

Competition-Based Pricing
- Menetapkan harga berdasarkan harga yang ditetapkan pesaing untuk jenis produk serupa. strategi: memantau.
 
Strategi Penetapan Harga Produk Baru
 - Market-Skimming Pricing
Menetapkan harga yang tinggi untuk produk baru untuk mendapatkan prndapatan maksimum dari segmen yang berkeinginan untuk membayar harga yang tinggi -> Fewer but more profitable sales.
- Market-Penetration Pricing
Menetapkan harga yang rendah untuk produk baru untuk menarik pembeli yang banyak dan pangsa pasar yang besar.

 Strategi Penyesuaian Harga
1. Discount and allowance pricing: mengurangi harga untuk memberikan penghargaan kepada konsumen.
2. Segmented pricing: menyesuaikan harga terhadap pelanggan, produk, atau lokasi yang berbeda.
3. Psychological pricing: menyesuaikan harga terhadap efek psikologis.
4. Promotional pricing: mengurangi harga sementara untuk meningkatkan penjualan jangka pendek.
5. Geographical pricing: menyesuaikan harga sesuai dengan letak geografis/letak konsumen
6. International pricing: menyesuaikan harga untuk pasar internasional.

Penetapan Harga Diskriminasi 
- Segmen Pelanggan 
- Bentuk Produk
- Lokasi
- Waktu

Penetapan harga promosi
- Kepemimpinan harga merugi (supermarket)
- Penetapan harga untuk even spesial
- Potongan harga
- Pembiayaan bungan rendah
- Pembayaran jangka panjang
- Garansi dan pelayanan
- Diskon psikologis

Market Holding
Strategi ini sering dipergunakan oleh perusahaan yang ingin mempertahankan pangsa pasar.
Dalam pasar global terjadi disebabkan karena fluktuasi nilai mata uang yang menyebabkan harus diadakannya penyesuaian harga.

Pengaruh lingkungan terhadap keputusan harga:
1. Fluktuasu nilai mata uang
2. Klausul nilai tukar
3. Penetapan harga di wilayah yang mengalami inflasi
4. Campur tangan dan subsidi pemerintah
5. Perilaku pesaing
6. Hubungan harga dan kualitas

Transfer pricing
Penetapan harga dari produk atau jasa yang dibeli atau dijual oleh unit operasi atau divisi dari perusahaan yang sama. berkaitan dengan pertukaran - pertukaran--transaksi antara pembeli dan penjual yang memiliki perusahaan induk yang sama. contih: Toyota
Terdapat tiga pendekatan alternatif:
1. Cost-based transfer pricing
2. Market-based transfer pricing
3. Negotiated transfer pricing. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar